DASAR-DASAR MICROSOFT EXCEL – Ya, belajar-komputeran.blogspot.com kali
ini akan mebahas tentang dasar-dasar Microsoft Excel. Apa dasar-dasar??? Kenapa
nggak langsung ke point aja??? Ya, ada beberapa alasan kenapa disini kita akan
berbagi tentang dasar-dasar dulu. Karena kata dasar adalah sebuah pondasi untuk
membangun sebuah pengetahuan, jika tidak di dasari dengan pengetahuan yang
super dasar, saya yakin anda pasti kebingungan mempelajari point-point
microsoft excel. Nah berlatar belakang seperti itu kita akan sharing tentang
dasar-dasar microsoft excel.
Bekerja secara fuul optimal dalam microsoft excel, anda di haruskan
mengenal terlebih dahulu tentang dasar-dasar kerjanya sehingga apa yang kita
harapkan dapat sesuai dengan apa yang kita inginkan beserta rasa kepuasan yang
ada di diri kita menjadi full. Bukan begitu??? Ya langsung saja, silahkan buka
aplikasi microsft excel yang ada di komputer anda. Jika saat di buka maka akan
tampil seperti gambar di bawah. Catatan : gambar di bawah merupakan tampilan microsoft
excel versi 2007.
Judul window
judul window terletak paling
atas. Judul window bertugas menampilkan tulisan Microsoft Excel, tak hanya itu
juga judul windows juga menampilkan nama workbook yang sedang aktif saat itu
juga.
Office button
Kita pasti sering mendengar nama office button. Jika anda pernah
mendengar apakah kalian sudah tahu apa fungsi dari office button??? Jika belum
ini ulasannya. Office button berfungsi sebagai pengganti dari menu File, letak
dari office button berletak pada pojok kiri atas. Di dalamnya berisi
perintah-perintah di antaranya seperti Open, Save, Print. Tak hanya itu juga
office button juga menampilkan file baru yaitu Finish, Publish Incpect
Document.
Tab Sistem Menu
Menu yang bernama sistem menu merupakan sebuah sarana yang di sediakan
oleh Microsoft Excel untuk melakukan komunikasi antara pemakai dengannya.
Ribbon
Ribbon berisi tentang perintah-perintah yang merupakan sub menu dari
tab sistem menu.
Penggulung Sheet
Penggulung sheet berfungsi untuk melihat worksheet-worksheet yang tidak
tampak di layar anda dapat memanfaatkan penggulung sheet. Penggulung sheet
sendiri mempunyai 2 cabangan yaitu penggulung vertikal dan penggulung
horizontal. Penggulung vertikal mempunyai fungsi untuk melhat sheet yang
panjang ke bawah. Sedangkan penggulung horizonal berfungsi untuk menampilkan
data yang melebar ke sisi sampiing.
Baris Formula
Baris Formula sendiri mempunyai 3 infromasi antara lain :
-
Pada kotak paling kiri berfungsi menampilkan
informasi tentang sebuah alamat atau nama dari sel atau range.
-
Tanda sama dengan (=) dapat kita manfaatkan
untuk memperbaiki formula atau bisa di bilang rumus.
-
Sedangkan yang paling kanan berfungsi
menampilkan isi dari suatu sel yang sedang aktif
Judul kolom
Merupakan nama kolom yang di mulai dari huruf A, sampai Z kemudan IV
dengan total kolom sebanyak 256 (28) kolom. Banyak bukan???
Nomor Baris
Nomor baris sendiri pastinya di mulai dari angka 1 ya, dan di excel di
akhiri sampai 65536 (216) baris.
Baris status
Untuk baris status mempunyai fungsi untuk menampilkan sebuah informasi
yang berkaitan dengan kegiatan yang sedang di lakukan oleh Microsoft Excel dan
juga status keyboard.
Tab sheet
Untuk dafaultnya atau standarnya, microsoft excel menyediakan 3 sheet.
Apa itu??? Untuk sheet yang pertama adalah work sheet atau juga bisa di sebut
lembar kerja. Yang kedua adalah kumpulan dari beberapa worksheet dinamakan
dengan work book atau juga buku kerja.
Petunjuk sel
Petunjuk sel biasa di guunakan untuk memberitahu microsoft excel dimana
suatu aktifitas akan di lakukan. Seperti halnya memasukkan data, menformat sel,
melakukan perhitungan dan masih banyak lagi.
Itu lah tadi dasar-dasar microsoft excel, jika anda memahami dengan
cermat dan meneliti betul saya yakin langkah menuju point benar-benar terang
bagi anda. Semoga bermanfaat dan selamat mempelajari dasar-dasar microsoft excel.