logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Dasar-Dasar Microsoft Excel

DASAR-DASAR MICROSOFT EXCEL – Ya, belajar-komputeran.blogspot.com kali ini akan mebahas tentang dasar-dasar Microsoft Excel. Apa dasar-dasar??? Kenapa nggak langsung ke point aja??? Ya, ada beberapa alasan kenapa disini kita akan berbagi tentang dasar-dasar dulu. Karena kata dasar adalah sebuah pondasi untuk membangun sebuah pengetahuan, jika tidak di dasari dengan pengetahuan yang super dasar, saya yakin anda pasti kebingungan mempelajari point-point microsoft excel. Nah berlatar belakang seperti itu kita akan sharing tentang dasar-dasar microsoft excel.
Bekerja secara fuul optimal dalam microsoft excel, anda di haruskan mengenal terlebih dahulu tentang dasar-dasar kerjanya sehingga apa yang kita harapkan dapat sesuai dengan apa yang kita inginkan beserta rasa kepuasan yang ada di diri kita menjadi full. Bukan begitu??? Ya langsung saja, silahkan buka aplikasi microsft excel yang ada di komputer anda. Jika saat di buka maka akan tampil seperti gambar di bawah. Catatan : gambar di bawah merupakan tampilan microsoft excel versi 2007. 
Dasar-Dasar Microsoft Excel
Judul  window
judul window terletak  paling atas. Judul window bertugas menampilkan tulisan Microsoft Excel, tak hanya itu juga judul windows juga menampilkan nama workbook yang sedang aktif saat itu juga.
Office button
Kita pasti sering mendengar nama office button. Jika anda pernah mendengar apakah kalian sudah tahu apa fungsi dari office button??? Jika belum ini ulasannya. Office button berfungsi sebagai pengganti dari menu File, letak dari office button berletak pada pojok kiri atas. Di dalamnya berisi perintah-perintah di antaranya seperti Open, Save, Print. Tak hanya itu juga office button juga menampilkan file baru yaitu Finish, Publish Incpect Document.
Tab Sistem Menu
Menu yang bernama sistem menu merupakan sebuah sarana yang di sediakan oleh Microsoft Excel untuk melakukan komunikasi antara pemakai dengannya.
Ribbon
Ribbon berisi tentang perintah-perintah yang merupakan sub menu dari tab sistem menu.
Penggulung Sheet
Penggulung sheet berfungsi untuk melihat worksheet-worksheet yang tidak tampak di layar anda dapat memanfaatkan penggulung sheet. Penggulung sheet sendiri mempunyai 2 cabangan yaitu penggulung vertikal dan penggulung horizontal. Penggulung vertikal mempunyai fungsi untuk melhat sheet yang panjang ke bawah. Sedangkan penggulung horizonal berfungsi untuk menampilkan data yang melebar ke sisi sampiing.
Baris Formula
Baris Formula sendiri mempunyai 3 infromasi antara lain :
-          Pada kotak paling kiri berfungsi menampilkan informasi tentang sebuah alamat atau nama dari sel atau range.
-          Tanda sama dengan (=) dapat kita manfaatkan untuk memperbaiki formula atau bisa di bilang rumus.
-          Sedangkan yang paling kanan berfungsi menampilkan isi dari suatu sel yang sedang aktif
Judul kolom
Merupakan nama kolom yang di mulai dari huruf A, sampai Z kemudan IV dengan total kolom sebanyak 256 (28) kolom. Banyak bukan???
Nomor Baris
Nomor baris sendiri pastinya di mulai dari angka 1 ya, dan di excel di akhiri sampai 65536 (216) baris.
Baris status
Untuk baris status mempunyai fungsi untuk menampilkan sebuah informasi yang berkaitan dengan kegiatan yang sedang di lakukan oleh Microsoft Excel dan juga status keyboard.
Tab sheet
Untuk dafaultnya atau standarnya, microsoft excel menyediakan 3 sheet. Apa itu??? Untuk sheet yang pertama adalah work sheet atau juga bisa di sebut lembar kerja. Yang kedua adalah kumpulan dari beberapa worksheet dinamakan dengan work book atau juga buku kerja.
Petunjuk sel
Petunjuk sel biasa di guunakan untuk memberitahu microsoft excel dimana suatu aktifitas akan di lakukan. Seperti halnya memasukkan data, menformat sel, melakukan perhitungan dan masih banyak lagi.
Itu lah tadi dasar-dasar microsoft excel, jika anda memahami dengan cermat dan meneliti betul saya yakin langkah menuju point benar-benar terang bagi anda. Semoga bermanfaat dan selamat mempelajari dasar-dasar microsoft excel.
Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. BELAJAR KOMPUTER - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger