logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pengertian Dan Macam Jaringan Komputer


PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM JARINGAN – Kita pasti sering mendengar kata-kata jaringan bukan? Ya, jaringan. Di tutorial kali ini kita akan membahas tentang materi Pengertian dan Macam-macam jaringan. Sebelum menginjak ke macam-macam jaringan pastinya kita harus tahu terlebih dahulu tentang apa sih pengertian jaringan??? Ya, pengertian jaringan. Pengertian jaringan adalah merupakah sebuah hubungan komputer atara 2 komputer atau lebih yang saling terkait satu sama yang lain. Jaringan, apa mempunyai sebuah tujuan??? Ya, tentu saja jaringan mempunyai sebuah tujuan. Apa tujuannya??? Inti tujuan dari jaringan komputer adalah untuk memudahkan dan mempercepat kinerja manusia, karena adanya jaringan komputer seperti ini banyak hal yang bisa kita kerjakan dengan mudah yang asalnya harus repot sana situ lah. Di antara hal yang bisa kita kerjakan dengan mudah adalah seperti sharing data, sharing printer dan masih banyak lagi.
Setelah mengetahui apa pengertian jaringan dan tujuan dari pada jaringan kita lanjut ke macam-macam jaringan. Jaringan komputer yang berkembang secara pesat seperti saat ini mempunyai macam-macam jaringan dan macam-macam jaringan tersebut berbeda-beda. Berikut adalah macam-macam jaringan komputer.
1.    Local Area Network (LAN)
Adalah sebuah jaringan yang mempunyai ukuran sangat kecil, maksutnya kecil. Maksut dari ukuran kecil adalah jaringan ini hanya mencakup satu lingkup saja. Misalnya : jaringan di dalam sebuah Lab komputer, jaringan di dalam sebuah kantor, jaringan di dalam 1 gedung. Dan masih banyak lagi.
2.    Metropolitan Area Network (MAN)
Mendengar namanya saja sudah bisa di tebak. Ya, Metropolitan adalah sebuah jaringan yang jangkaunnya lebih luas dari pada jaringan Local Area Network, jaringan ini jangkaunnya mampu mencakup beberapa lokasi yang saling berdekatan, misalnya di sebuah kota atau kabupaten.
3.    Wide Area Network
Yang ketiga adalah Wide Area Network adalah merupakan sebuah jaringan yang pastinya jangkauannya melebihi jaringan Local Area network dan jaringan Metropolitan Area Network. Jangakaunnya seberapa besar tuh??? Ya, jangkauan yang bisa di cakup jaringan ini mampu mencakup daerah luas seperti negara. Bahkan ada yang mengatakan jaringan Wide Area Network mampu mencaku di sebuah benua. Wide Area network sendiri sering di katakan kumpulan dari beberapa jaringan LAN dan MAN yang saling dihubungkan untuk membentuk sebuah jaringan yang besar.
4.    Wireless LAN
Wireless LAN adalah merupakan sebuah jaringan lokal tanpa menggunakan kabel sebagai media transmisinya akan tetapi jaringan tersebut memakai wireless sebagai media transmisinya. Jaringan ini paling banyak di gemari di seluruh dunia karena jaringan ini lebih praktis dan efisien.
5.    Internet
Yang ke lima dari macam-macam jaringan adalah internet. Ya internet adalah merupakan jairngan yang lebih besar dari pada ke empat jaringan di atas yakni jaringan internet mampu mencakup wilayah di seluruh dunia yang saling berhubungan nsatu sama lain.
Dengan adanya sebuah sistem yang disebut jaringan komputer seperti saat ini memudahkan manusia untuk saling berkomunikasi dan saling berinteraksi satu sama lain. Dan dengan jaringan seperti ini maka informasi bisa di dapat tepat waktu dan lebih cepat.
Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
This is the oldest page

4 komentar

silahkan kunjungi Pengertian Jaringan Komputer dan macam-macam Jaringan Komputer
portofolio arga yudha adhiprama, kunjungan baliknya gan.

Balas

artikelnya bagus gan, kunjungi juga blog saya di Pengertian Jaringan Komputer dan macam-macam Jaringan Komputer arga yudha

atau link.nya di https://jaringan-argayudha.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-jaringan-komputer-dan-macam.html

untuk tutorial tentang arduino dan sistem informasi kunjungi juga di http://www.argayudhaadhiprama.com/ ,

trimakasih dari arga yudha adhiprama

Balas

artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di Pengertian Jaringan Komputer dan macam-macam Jaringan Komputer arga yudha

atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/2016/04/13/pengertian-jaringan-komputer-dan-macam-macam-jaringan-komputer/

trimakasih dari arga yudha adhiprama

Balas

artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di "PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER DAN MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER "

atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/pengertian-jaringan-komputer-dan-macam-macam-jaringan-komputer/

trimakasih dari argayudhaadhiprama.com

Balas

Copyright © 2013. BELAJAR KOMPUTER - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger