logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pengertian VGA card dan Jenisnya

Pengertian VGA card dan Jenisnya
PENGERTIAN VGA CARD DAN JENISNYA – Pasti kalau yang sudah terjun di dunia service komputer atau sekolah menengah kejuruan (SMK) pastinya tahu dong apa itu VGA Card. Jika belum tahu cobalah membaca ulasan berikut ini. Yaitu tentang pengertian dan jenis VGA Card. Sebelum kita meloncat ke ekspedisi tentang jenis-jenis dari VGA Card, sangat di rekomendasikan bagi anda yang belum tahu pengertiannya. Ya pengertian dari VGA Card adalah sebuah perangkat keras (Hardware) yang melakukan ekspedisi rendering atau pemrosesan output berupa visual yang di tampilkan pada layar monitor. Oh iya, VGA Card itu singkatannya apa sih ??? singkatan dari VGA Card adalah Video Graphic Accelerator, yang sesuai dengan fungsinya yang telah di ulas di atas. VGA card mempunyai keterkaitan langsung dengan tampilan di layar monitor. Satu hal lagi, kata “Card” bearti menunjukkan bahwa bentuk VGA card hampir mirip dengan kartu yang di tancapkan pada slot yang tersedia di motherboard komputer anda.
Struktur VGA Card memiliki procesor yang di biasa disebut dengan julukan GPU atau Graphic Processing Unit ditambah memori di dalamnya. Procesor ini akan berubah menjadi panas jika di aliri tegangan listrik saat ekspedisi berlangsung (bekerja), dengan adanya hal tersebut maka dibutuhkan heatsink yang berfungsi sebagai penyerap panas dan kipas sebagai pengusir panas pada heatsink. Hal ini di lakukan karena GPU memiliki suhu optimal kerja dan tidak boleh terjadi kesalahan yang bernama overheat. Terus jika terjadi overheat apa yang terjadi??? Yang terjadi adalah VGA Card bisa rusak dan tidak dapat di gunakan lagi.
Oke setelah memahami ulasan di atas kita melangkah  ke materi selanjutnya.
JENIS-JENIS VGA CARD
VGA Card mempunyai dua jenis yakni VGA Card on board dan VGA Card add-on. VGA Card on board sering kita temui di semua jenis motherboard karena di saat anda membeli komputer atau laptop VGA Card ini sudah satu paket. VGA Card on board ini dapat di gunakan untuk menampilkan output pda layar monitor dengan baik dan optimal. Sebenarnya jika kita tidak melakukan sebuah ekspedisi pemrosesan grafis yang tingkatnya mempunyai tingkat tinggi, kita tidak memerlukan VGA Card add-on. Akan tetapi jika anda menggunakan VGA card on board ini merasa kurang begitu powerfull atau kurang terasa canggih, maka anda bisa menambahkan VGA card add-on. Ekspedisi tersebut paling banyak di cari para desainer grafis, editor film dan pemain game 3D.
Melihat dari sisi belakang yang di ulas di atas, keberadaan VGA card add-on itu tergantung dengan anda dan sesuai dengan kebutuhan anda. Ketika terlihat nyata dan  betul-betul nyata bahwa VGA on board anda tidak mampu melakukan sebuah ekspedisi apa yang menjadi kebutuhan anda, maka anda dapat menambahkan VGA card-on. Akan tetapi metode ini hanya bisa di terapkan pada PC saja selain itu metode ini tidak bisa. Apa bratii hanya bisa di PC saja dan laptop tidak bisa ??? Iya, di karenakan untuk perangkat lainnya tidak tersedia slot yang di gunakan sebagai penambahan VGA card add-on. Apalagi VGA card add-on juga membuat kebutuhan saya listrik komputer semakin tambah dan semakin tinggi, maka dari itu hal ini hanya bisa di terapkan dan di penuhi oleh PC saja. Dalam memutuskan sebuah ekspedisi yaitu tentang VGA card yang akan anda gunakan, anda juga harus benar-benar mengetahui kelebihan dan kelemahan masing-masing CGA Card.
Setelah anda mengetahui tentang pengertian dan jenis VGA mari kita melangkah 1 langkah lagi yakni tentang kelebihan dan kelemahan masing-masing VGA card
VGA card on-boar
Kelebihan
VGA card on-board sudah satu paket dengan motherboard,  sehingga hal tersebut sudah dapat di pastikan tidak akan ada sebuah masalah dengan komputer anda ketika saat melakukan ekspedisi. Tak hanya itu, VGA card on-boarrd bisa di katakan gratis. Wah enak banget ya! Setiap anda membeli mother board, pasti sudah terpasang hardware yang bernama VGA card on-board ini. Hal ini sangatlah baik dan positif untuk anda yang memiliki dana yang terbatas dalam membeli komputer.
Kelemahan
VGA card on-board tidak memiliki memori sendiri. Secara otomatis hal ini dapat berimbas pada “pemotongan” memori utama CPU atau laptop anda yang di kenal dengan RAM yang di gunakan oleh VGA. Logikanya, jika RAM saja terbatas, secara otomatis kinerja PC secara keseluruhan juga akan menjadi lambat. Bukan begitu???

VGA card add-onn
Kelebihan
VGA card add-on ini bisa melakukan sebuah ekspedisi pekerjaan rendering berat dan tidak memakan memori utama atau RAM pada CPU.  Proses yang melibat grafis berimbas hal positif bagi anda yaitu tidak akan membebani processor dan komputer akan menjadi lebih cepat dalam memproses sesuatu. Gimana menurut anda ??? mantap  bukan???
Kelemahan
Dapat di pastikan untuk harga VGA card add-on ini memiliki harga yang cukup tinggi, bahkan yang membuat hati ini sakit VGA card add-on ini memiliki harga yang lebih tinggi daripada satu paket motherboard belum lagi di tambah dengan processor dan RAM.
Tidak hanya itu, kelemahan lainnya yang di miliki VGA Card add-on adalah membuat komputer anda membutukan tegangan listrik yang lebih besar lagi dari pada biasanya. Jika komputer anda memiliki power supply yang kapasitasnya tidak terlalu besar, secara otomatis kinerja komputer sudah dapat di pastikan yaitu kinerja nya tidak akan normal. Sehingga di haruskan menggantikan power supply dengan yang lebih tinggi dan hal ini memakan harga yang tidak murah tapi harga yang cukup tinggi.
Semikian artikel yang menjelaskan tentang pengertian dan jenis-jenis VGA card, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.
Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. BELAJAR KOMPUTER - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger