logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pengertian Motherboard

MOTHERBOARD – adalah merupakan sebuah perangkat keras yang terdapat pada sistem komputer yang berbentuk printed circuit board (PCB). Fungsi dari motherboard sendiri adalah yaitu untuk menghubungkan seluruh komponen yang ada di dalam komputer. Motherboard sendiri sering kita bilang sebagai tulang rusuk dari komputer tersebut, semua yang ada pada komponen komputer pasti terhubung dengan perangkat keras yangnamanya motherboard baik hal itu bersifat langsung maupun tidak langsung.
Motherboard sendiri di produksi tidak hanya satu ragam saja akan tetapi motherboard di produksi bermacam-macam mulai dari ukuran, spesifik dan masih banyak lagi. Akan tetapi kebanyak di era sekarang motherboard lebih cenderung di buat untuk segala casing artinya sekarang motherboard di produksi agar bisa di pasang di berbagai casing komputer. Pemasangan motherboard berada pada hadapan ke arah sisi casing yang mudah di buka, dan di kencangkan dengan menggunakan skrup.
Lantas motherboard apa hanya terdiri dari 1 bagian saja??? Tidak motherboard terdiri dari beberapa bagian yangcukup banyak dan bagian-bagian tersebut sudah mempunyai peranan masing-masing dan sudah mempunyai tugas nya masing-masing. Lalu bagian-bagiannya apa aja ???
Pengertian Motherboard

BAGIAN-BAGIAN MOTHERBOARD :

CHIPSET
Merupakan bagian utama dan pertama serta terpenting dari sebuah motherboard. Chipset sendiri mempunyai fungsi sebagai penghubung antarmuka antara processor dengan komponen eksternal dan buses. Chipset sendiri mempunyai dua kelompok dan dua kelompok tersebut sering kita temui di pasaran terdekat. Yang pertama adalah Chipset Intel yang pastinya hanya bisa di gunakan untuk CPU Intel dan yang ke dua adalah Chipset AMD untuk processor AMD. 

SOCKET / CPU SLOTS
Merupakan sebuah tempat tinggal processor pada motherboard. Layaknya seperti chipset socketpun terbagi pada berbagai macamjenis, tergantung jenis processor yangdi dukungnya.
BIOS (Basic Input Output System)
Adalah sebuah chip yang menyimpan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengontrol hardware, selain itu BIOS juga mempunyai fungsi sebagai interface antara hardware dan OS (Operating System). BIOS di gunakan komputer untuk mempersiapkan proses booting dan mengecek kesiapan sistem dan hardware sebelum komputer di jalankan. 

Complimentary Metal Oxide Semicondutor
Atau biasa di sebut dengan CMOS battery merupakan sebuah bateri kecil yang berfungsi mensupply power pada sebuah memory kecil pada motherboard, untuk menyimpan setting konfigurasi komputer, waktu dan masih banyak lagi. CMOS sangat penting bagi komputer karena di saat kita menyalakan komputer secara otomatis jam akan teratur dengan sendirinya tanpa kitamengaturnya terlebih dahulu. 

Memory Slots
Mempunyai fungsi yaitu sebagai tempat di installnya Random Acces Memory  (RAM). Memory slots sendiri mempunyai bentuk agak panjang dan ramping. Di era globalisasi komputer yang serba mencanggih ini hampir semuamotherboard mempunyai setidaknyadua slot RAM bahkan ada yang slotnya mencapai 6 Slot. 

VGA Slots
Berfungsi untuk menginstall komponen grafik card. Di komputer modern, umumnya berupa slot dengan interface. Sedangkan pada motherboard yang berspesifikasi tinggi bisa menampung hingga 3 slot graphic card sekalipun.

Expansion Slots
mempunyai tugas yaitu untuk memasang sebuah perangkat tambahan seperti LAN Card, Sound Card dan lain-lain. 

Storage Drive Connector
Mempunyai fungsi sebagai penghubung perangkat penyimpanan data seperti harddisk drive, optical Drive, SSD dan perangkat stroge external. 

Port-Port lain
Selain slot-slot di atas, ada beberapa port tambahan yang juta tidak kalah penting dengan port yang ada di atas antara lain sebagai berikut :
1.       Port power 24 pin/20 pin-untuk menghubungkan mobo dengan power supply unit.
2.       Port power 4 pin / 6 pin – untuk menyalurkan daya ke prosesor
3.       Port untuk tombol power /reset pada bagian depan casing.
4.       Port untuk konektor front USB dan front audio
Itulah tadi sedikit ulasan tentang motherboard dan bagian-bagiannya. Semoga ulasan tersebut dapat menjadi informasi bagi anda yang bersifat manfaat. Sekian terima kasih. PENGERTIAN MOTHERBOARD DAN BAGIAN-BAGIANNYA
Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. BELAJAR KOMPUTER - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger