logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pengertian Perangkat Lunak Software


Pengertian Perangkat Lunak Software

PERANGKATLUNAK KOMPUTER (SOFTWARE) – kata “SOFTWARE” kita pasti sangatlah sering mendengar kata tersebut yakni kata software. Memang di era globalisasi ini sangat banyak orang yang terjun dalam dunia komputer, dan setiap orang pasti berbeda-beda pendepat tentang pengertian software, saya pernah menjumpai dan tanya kepada seseorang, ketika saya bertanya, “Pak pengertian Software itu apa to?” beliau menjawab “Software bisa kita logikan sebagai berikut, jika komputer tidak ada software maka komputer tidak akan bisa di gunakan untuk kebutuhan sehari-hari bearti kesimpulannya software adalah aplikasi contohnya microsoft office word, adobe photoshop, gom player, dan masih banyak lagi.

Pengertiansoftware

Software adalah sekumpulan data elektronik yang di simpan serta di atur oleh komputer yang berupa program atau instruksi yang akan menjalankan sauatu perintah. Nah kesimpulannya melalui software ini lah suatu komputer bisa menjalankan suatu perintah demi perintah.

Jenis-jenis software

Software dapat di bedakan berdasarkan distribusinya yaitu, software berbayar, software  gratis. (freeware, free software, shareware, adware).

Softwareberbayar

Adalah pegangkat lunak yang di trisbusikan dengan tujuan komersil, umumnya setiap pengguna yang ingin mengakses atau menggunakan serta mendapatkan software tersebut satu-satunya cara adalah dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang menjualnya atau pihak yang mendistribusikan produk tersebut. Pengguna yangmenggunakan software berbayar pada umunya tidak di ijinkan untuk memperluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin penciptanya contoh software berbayar adalah microsoft windows, microsoft office, adobe photoshop dan lain-lain.

Freeware

Di sebut juga perangkat lunak gratis merupakan perangkat lunak komputer yang berhak cipta yang bersifat gratis yang di gunakan tanpa batasan waktu. Para mereka pengembang perangkat gratis sering membuat perangkat gratis freeware dengan tujuan untuk di sumbangkan kepada yang berhak seperti komunitas, akan tetapi mereka juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai penciptanya. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan mozile news, juga di distribusikan di bawah GPL (Freeware)

Freesoftware

Nah kalau free software lebih mengarah kepada kebeasan penggunaan akan tetapi tidak harus semuanya bersifat gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah bebas  untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka atau biasa di sebut open source dan di situlah letak inti pokok dari suatu kebebasan program-program GPL. Perbedaan yang sangat nyata antara free software dan freeware adalah konflik muncul dalam arti kata free dalam bahasa inggris yang bearti keduanya bebas dan gratis, oleh karena itu bisa disebutkan sebelumnya free software tidak perlu bebas, sama seperti freeware tidak harus gratis.

Shareware

Sedangkan share ware ini juga bersifat bebas akan tetapi lebih menuuju kepada pembatasan untuk waktu tertentu saja. Share ware adalah sebuah program yang bersifat terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang di tetapkan misalnya hanya berlaku 30 hari saja. Kita juga dapat menemukan sebuah perangkat lunak bebas sepenuhnya akan tetapi termasuk dalam program periklanan nah distribusi jenis ini disebut dengan adware. Contoh yang lebih jelas yaitu program massenger dari Microsfot yang memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalampertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up.
Nah, itulah tadi sedikit penjelasan mengenai pengertian perangkat lunak komputer. Saya berharap ulasan di atas bisa menjadi ulasan yang bermanfaat bagi anda terkhusus bagi kita semua. Semoga bermanfaat .......

Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. BELAJAR KOMPUTER - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger